July 2, 2022

enterprisingspirit

LIFESTYLE INFORMASI TERKINI TERKINI

Cara Mengatasi Kelembapan Berlebihan di Rumah

Mengatasi Kelembapan Berlebihan di Rumah ?

Bermasalah dengan kelembapan tinggi di dalam rumah menjadi masalah yang sulit. Selainnya ketaknyamanan, kelembapan tinggi dapat membuat panas, benar-benar mengusik, dan berkeringat. Bahkan juga, kebanyakan kelembapan bisa mencelakakan rumah, terhitung keadaan, susunannya, dan permukaan.

Parahnya, kelembapan terlalu berlebih membuat rumah benar-benar rawan pada polutan dan alergen seperti jamur, lumut, dan tungau debu. Semua factor ini bisa mengakibatkan beragam imbas jelek pada paru-paru, ditambah dari mereka yang mempunyai alergi, asma, dan penyakit paru-paru. Baiknya, tingkat kelembapan dalam ruangan harus ada di antara 30-50 persen.

Cara Mengatasi Kelembapan Berlebihan di Rumah
Cara Mengatasi Kelembapan Berlebihan di Rumah

Bagaimana kurangi atau menangani kelembapan berlebihan?

Benahi pipa bocor

Keran dan pipa air yang bocor ikut bertanggungjawab pada kelembapan dalam rumah. Karena itu, jika ada kebocoran di dalam rumah, selekasnya melakukan perbaikan hingga tidak memunculkan kelembapan berlebih. Keran dan pipa air yang bocor bisa dijumpai dari ada dinding yang terserang bintik air, bercak-bercak basah pada dinding, dan bill air yang tidak teratur, bahkan juga naik.

Gunakan AC

Saat cuaca cukup hangat di luar, AC benar-benar menolong kurangi kelembapan di rumah karena bawa udara lebih sejuk sekalian hilangkan udara lembap dan hangat.

Karenanya, menjaga kelembapan supaya masih tetap teratasi dengan menyetel AC ke sejumlah derajat lebih rendah. Jika rumah terlampau dingin, Anda bisa meningkatkan temperaturnya sedikit dan janganlah lupa menukar filter secara berkala.

Pakai dehumidifier

Bila tinggal di tempat tinggal yang telah tua dan kurang berventilasi, jaga kelembapan menjadi masalah. Langkah menangani kelembapan berlebihan di rumah dengan keadaan itu ialah memakai penurun kelembapan atau dehumidifier. Dehumidifier umumnya ditaruh di ruangan bawah tanah karena tidak memperoleh banyak kehangatan. Dehumidifier hilangkan kelembapan dari udara hingga membuat rumah jadi kering dan sejuk. Ini bekerja terbaik bila tutup semua jendela dan pintu. Untuk pastikan perputaran yang pas, tempatkan dehumdifier jauh dari dinding dan furniture. Disamping itu, saat memakai dehumidifier, tak perlu makan AC sering hingga dapat menghamt bill AC.

Tambahkan sirkulasi rumah

Mempunyai sirkulasi yang bagus di dalam rumah bisa menolong mengatur tingkat kelembapan. Tutup rapat pintu dan jendela bila kelembapan di luar ruang tinggi sekali dan gunakan sirkulasi mekanis dari AC buat menolong perputaran udara dalam rumah. Yakinkan sirkulasi pembuangan kamar mandi, kompor, dan kap pengering bekerja dengan prima dan ditujukan ke exterior rumah.

Mekanisme sirkulasi ini berperan keluarkan kelembapan saat mandi, membersihkan baju, atau mengolah. Semua harus ke arah luar hingga uap air yang lenyap tidak kembali ke rumah. Bila tidak berhasil mengatur kelembapan, hal tersebut akan mengakibatkan perkembangan jamur di dapur dan kamar mandi, langit-langit rumah, dalam almari, atau beberapa tempat gelap dan berventilasi jelek